Haruskah HP Dimatikan Pada Saat Ada Petir?

Haruskah HP Dimatikan Pada Saat Ada Petir?

Bismillah, di zaman perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, banyak sekali hal-hal yang membuat aktivitas sehari-hari kita mudah. Seperti smartphone, ponsel pintar ini sangat banyak membantu aktivitas keseharian kita terutama dalam hal informasi. 

Namun yang akan kita bahas kali ini bukan tentang ponselnya, melainkan sebuah kepercayaan bahwa “Ponsel harus di matikan, disaat ada petir menyambar” nah mengenai hal tersebut kadang banyak orang yang mempercayainya, bahkan sampai bilang “karena HP orang bisa mati tersambar petir”.

Nah mari kita sedikit bahas tentang hal ini, Berdasarkan laporan dari Badan Nasional Kelautan dan Adminsitrasi Atmosfer Amerika Serikat (NOAA) mengatakan bahwa penggunaan ponsel saat hujan petir tidak akan membahayakan penggunanya.

Sebagaimana dilansir AMTA, Selasa (27/9/2016), perangkat ponsel tidak memiliki karakterisitik yang bisa memancing sambaran kilat. Menurutnya petir hanya akan menyambar kepada benda berbahan metal dan kandungan metal dalam perangkat ponsel tidak akan berpengaruh terhadap sambaran petir.

Namun laporan dari (NOAA) dan lansiran dari (AMTA) tersebut di bantah karena banyak tersebar berita-berita bahwa ada korban yang tersambar petir saat menggunakan ponselnya. Seperti berita mengenai seorang pengguna telepon seluler (ponsel) yang tersambar petir di Karawang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu mengundang pertanyaan keamanan pemakaian ponsel saat cuaca mendung atau hujan. 

Seorang pria bernama Jordan tersambar petir saat cuaca mendung di pemakaman San Diego Hills, Karawang Barat, Rabu (13/4/2016).

Menurut kabar, Jordan tersambar petir saat berada di luar tenda. Saat itu, Jordan dikatakan menggunakan perangkat handsfree (aksesori audio ponsel) dan ponselnya dimasukkan ke saku celana kiri.

Akibat sambaran petir, dua orang yang berada di dekat Jordan juga dilaporkan pingsan, sementara nyawa Jordan tidak tertolong. Paha sebelah kiri Jordan, bagian ia mengantongi ponselnya, disebut hangus terbakar. Cerita ini didapat KompasTekno dari sumber bernama Agung, yang orangtuanya berada sekitar lima meter dari tempat kejadian di mana Jordan tersambar petir.

Dari contoh peristiwa yang dialami Jordan tersebut menjadi perhitungan meski yang sudah di laporkan (NOAA) dan yang di lansirkan (AMTA) bahwa “bahan metal yang di dalam hp itu aman dari petir” tetapi kita harus tetap berhati-hati. 

Berarti dalam penggunaan HP ketika cuaca buruk usahakan jangan sampai kita memainkannya di luar ruangan atau di tempat yang terbuka. Kalaupun kita harus menggunakan HP kita disaat cuaca buruk carilah tempat yang aman untuk menggunakannya usahakan di dalam ruangan tertutup dan hp tersebut tidak dalam keadaan di charger. Dan jauhkan diri anda dari barang barang yang dapat menghantarkan listrik. 

Jadi intinya untuk soal “Ponsel harus di matikan, disaat ada petir myenyambar” itu tidak perlu karena faktanya bahan-bahan metal dari ponsel itu tidak berpengaruh dengan petir. Tetapi yang harus di ingat adalah kita harus cermat menggunakan HP kita dalam cuaca yang buruk, dan tetap berhati-hati.

Sumber:
[1] https://tekno.kompas.com/read/2016/04/14/20170027/Benarkah.Main.Ponsel.Saat.Hujan.Bisa.Tersambar.Petir.?page=all
[2] https://techno.okezone.com/read/2016/09/27/207/1500131/musim-hujan-tiba-haruskah-matikan-ponsel-saat-ada-petir


Sendi Agustian

Berbagi kata-kata, cerita tentang pengalaman dan pemahaman. Juga sampingan dalam hal koding serta berbagi mengenai dunia Informasi Teknologi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama