Cara Menjaga Keamanan Akun Sosial Media

Cara Menjaga Keamanan Akun Sosial Media

Sosial media atau Sosmed adalah sebuah media Daring (Dalam Jaringan) yang di dalamnya para pengguna sosmed ini dapat saling berbagi dan bertukar data dan dapat berkomunikasi dengan mudah  seperti halnya di dunia nyata. Bahkan banyak orang yang sudah mengabadikan hidupnya di dalam sosial media ini seperti dunianya sendiri yang lebih mereka sukai daripada di dunia nyata.

Perkembangannya sosial media sangat pesat hingga kini sosial media juga bisa disebut dengan dunia maya. Dunia maya yang kerap menjadi pelarian orang dari dunia nyata mungkin anda salah satunya ya? :D Dunia maya (atau disebut juga ruang siber) (bahasa Inggris: cyberspace) adalah media elektronik dalam jaringan komputer yang banyak dipakai untuk keperluan komunikasi satu arah maupun timbal-balik secara online (terhubung langsung).

Sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain yang sangat ramai di gunakan, namun tidak sedikit dari mereka yang sering melupakan hal yang penting seperti keamanan akun.

Lalu bagaimanakah cara yang bisa dilakukan untuk mengamankan akun sosial media? Nah caranya yaitu sebagai berikut.

Cara Mengamankan akun sosial media

Untuk pengamanan akun yang sudah pasti di setiap aplikasi sosial media tentunya sudah memiliki keamanan nya tersendiri, tiap aplikasi sosial media tentunya berbeda beda cara pengamanannya. 

1. Privasi Akun.

Privasi Akun

Yang pertama adalah pengaturan Privasi Akun, nah ini adalah pengaturan dimana anda dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat unggahan atau postingan postingan anda. Ini sangat penting sekali untuk menjaga identitas diri anda dalam dunia maya tentunya agar setiap postingan anda dapat dilihat hanya oleh orang orang yang benar benar mengenal anda saja.   

Namun berbeda tentunya untuk akun sosial media yang bertujuan untuk berbisnis atau berdagang, untuk akun sosial media yang bertujuan seperti ini biasanya membuka privasi ini karena bertujuan untuk dapat di lihat oleh semua orang yang dikenal maupun tidak.  

2. Gunakan kata sandi atau password yang kuat.

Gunakan kata sandi yang benar benar kuat, biasanya kata sandi yang kuat lebih dari 8 karakter dan mengandung tiga kombinasi karakter seperti huruf besar, huruf kecil dan angka sebagai kombinasinya. Namun walaupun begitu jangan sampai lupa juga, nah biasanya begini niatnya ingin mengamankan ehh malah lupa kata sandi yang dipake tadi apa ya? (Ini mah pengalaman penulis sih). :D  

3.  Kaitkan Akun Dengan Kontak Yang Aktif.

Nah yang ketiga ini adalah yang paling banyak saya temui dari teman teman saya yang berkonsultasi masalah akun sosial medianya, ketika lupa kata sandi yang digunakan di akun sosial media sebenarnya akun tersebut masih bisa di pulihkan kalaupun tidak ingat sama sekali kata sandi yang digunakan asalkan teradat kontak aktif yang terkait di akun tersebut bisa no hp ataupun email yang masih aktif. Namun sayangnya kebanyakan teman-teman saya tidak mengaitkan akun tersebut dengan kontak yang aktif.    Jika memang tidak mau menampilkan no hp di akun sosial media agar tidak sembarang orang mengetahui kontak aktif tentunya kita bisa mengatur nya di bagian nomor 1 yang sudah saya jelaskan.   

Intinya untuk menjaga akun sosial media agar dapat dipulihkan kembali ketika lupa kata sandi kita harus mengaitkan akun sosial media kita dengan kontak yang aktif.  

4. Jangan gunakan login cepat "Ingat Saya".

Untuk sekarang ini hampir semua akun sosial media ada fitur "Ingat Saya" atau "Simpan Kata Sandi" untuk membuat instan login atau agar bisa dengan cepat login tanpa harus mengunakan memasukan email dan kata sandi.

Nah namun di samping itu ini akan tidak aman kalau anda adalah orang yang suka meminjamkan hp anda kepada teman dekat atau orang lain, karena nantinya teman anda pun dapat dengan mudah mengakses akun sosial media anda dengan mudah. dan ketika akun sosial media anda telah dapat di akses bisa saja teman anda tersebut menggantikan kontak aktif akun anda ke kontak ia sendiri untuk dapat menganti passwordnya nanti.

5. Hati hati ketika berselancar di internet.

Maksudnya adalah ketika anda mencari cari sesuatu di internet apapun itu harus hati-hati kalau di suatu situs meminta akses akun sosial media anda karena bisa saja itu adalah web Phising.

Phising adalah suatu metode untuk melakukan penipuan dengan mengelabui target dengan maksud untuk mencuri akun target. Istilah ini berasal dari kata “fishing” = “memancing” korban untuk terperangkap dijebakannya. Phising bisa dikatakan mencuri informasi penting dengan mengambil alih akun korban untuk maksud tertentu. Nah jadi ketika ada website yang meminta akses akun sosial media anda harap di periksa dahulu untuk apa website tersebut meminta akses. jika memang tidak jelas jangan sampai anda memasukan data akun sosial media anda ke website tersebut karena bisa jadi itu adalah Phising.

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan untuk artikel kali ini, jika teman teman ada yang masih bingung dan ada yang ingin di tanyakan tuliskan saja di kolom komentar ya.

See you next post! ;)


Sendi Agustian

Berbagi kata-kata, cerita tentang pengalaman dan pemahaman. Juga sampingan dalam hal koding serta berbagi mengenai dunia Informasi Teknologi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama