Bagaimana Cara Membuat Aplikasi?

Bagaimana Cara Membuat Aplikasi?

Aplikasi adalah sebuah perangkat lunak atau sofware yang di gunakan di dalam sebuah Sistem Operasi. Terdapat tiga jenis aplikasi, yaitu Aplikasi Web, Aplikasi Desktop, dan Aplikasi Mobile.

Nah di artikel kali ini saya akan sharing sedikit tentang bagaimana sih cara membuat aplikasi. namun yang akan saya bahas di artikel ini lebih ke pemahaman dasarnya saja, dan hal-hal yang harus dipahami dalam membuat suatu aplikasi baik itu Aplikasi Web, Aplikasi Desktop, atau pun Aplikasi Mobile.

Sebelumnya saya akan bercerita sedikit latar belakang kenapa saya buatkan artikel ini. Jadi kebetulan saya alumni dari SMK jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), dan sekarang bekerja juga di sebuah perusahaan IT yang dalam salah satu garapannya adalah pembuatan Aplikasi Software.

Nah waktu dahulu, saya masih sekolah di SMK sering sekali teman-teman (baik itu yang kenal ataupun tidak) selalu bilang gini "bikinin sebuah aplikasi ini dong, kamukan jurusan RPL". "bikin aplikasi buat hack wifi sekolah dong kamu kan RPL", dan bla bla bla banyak skali……..

Karena mereka tidak mengerti cara membuat aplikasi yang sesungguhnya itu seperti apa, makanya mereka begitu enaknya aja bilang seperti itu :D. Nah maka dari itu saya membuat artikel ini.

Oke langsung saja hal-hal yang harus dipahami untuk membuat aplikasi adalah sebagai berikut:

1. Memahami Algoritma

Algoritma adalah suatu urutan dari beberapa langkah yang logis guna menyelesaikan masalah secara sistematis. Nah algoritma inilah yang akan menjadi penentu bisa atau tidaknya untuk membuat atau memprogram suatu aplikasi, karena dalam algoritma ini logika kita akan benar benar diasah untuk memahami sebuah logika dasar untuk menyelesaikan masalah-masalah.

Dan algoritma inilah yang menurut saya paling penting untuk di pelajari, karena kalau kita tidak mengerti alur dari logika aplikasi yang akan kita buat kita tidak akan bisa untuk membuatnya.

2. Jenis aplikasi yang akan di buat

Nah seperti yang saya definisikan di atas ada tiga jenis aplikasi dan setiap jenis aplikasi itu berbeda-beda cara membuatnya atau memprogramnya. Setiap jenis aplikasi membutuhkan skill yang berbeda dalam pengerjaannya oleh karena itu kita harus memahami terlebih dahulu jenis aplikasi yang akan kita buat itu seperti apa. 

Maka dari itu carilah terlebih dahulu pengertian dari Aplikasi Web/Desktop/Mobile itu seperti apa? contohnya bagaimana? biasa digunakan untuk apa? dll. Karena nanti dalam memogramnya kita akan menggunakan Bahasa pemrograman yang berbeda-beda.

Nah untuk penjelasan setiap jenis aplikasi kalian cari sendiri ya :D.

3. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. (selengkapnya bisa kalian baca di Wikipedia)

Intinya bahasa pemrograman ini adalah sebuah bahasa yang akan kita tuliskan agar kita bisa memerintah komputer dan menjadikan tulisan-tulisan yang kita buat dengan bahasa pemrograman ini menjadi suatu Program atau Aplikasi yang kita inginkan. Untuk bahasa pemrograman itu sendiri ada banyak sekali jenisnya, contohnya seperti JavaScript, Java, Phyton, Ruby, Dart dll. 

4. Tools

Setelah kita paham tiga hal-hal yang sudah saya jelaskan di atas, yang perlu kalian pahami selanjutnya adalah Tools untuk pendukung pembuatan aplikasi kita. Tools ini adalah beberapa aplikasi-aplikasi atau bahan-bahan yang kita butuhkan sebagai Alat dan Pendukung dalam pembuatan Program atau aplikasi. Contohnya aplikasi teks editor seperti sublime, vscode, atom dll untuk menuliskan kode-kode bahasa pemrograman kita di situ.

Jadi itulah hal-hal dasar yang harus di pelajari dan di pahami terlebih dahulu sebelum kita akan membuat aplikasi. Mungkin kalau menurut teman-teman ada hal lain yang harus di pelajari juga selain hal-hal di atas yang saya jelaskan. silahkan saja tambahkan di Komentar yaa, dan jangan lupa untuk share artikel ini ke yang lainnya juga yaa:)

Kurang lebihnya mohon maaf, dan semoga bermanfaat ;).


Sendi Agustian

Berbagi kata-kata, cerita tentang pengalaman dan pemahaman. Juga sampingan dalam hal koding serta berbagi mengenai dunia Informasi Teknologi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama