Tiga Amalan Di Malam-Malam Ramadhan

Tiga Amalan Di Malam-Malam Ramadhan

Bismillah, pada bulan ramadhan Allah menurunkan rahmat-Nya melalui Ramadhan. Dimana kita dapat mendapatkan pahala, rahmat, hidayah dan ampunan-Nya. Dan Juga merupakan bulan yang melipat gandakan pahala.

Tentunya untuk mendapatkan pahala di bulan ramadha ini kita perlu tau terlebih dahulu amalan-amalan apa saja yang bisa kita lakunan yang sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

Banyak sekali amalan-amalan yang dapat kita lakukan di bulan ramadhan ini, nmun di artikel kali ini penulis akan bahas Tiga Amalan di Malam-Malam Ramadhan. 

1. Shalat Tarawih

Oleh karena itu kita jangan sampai bolong shalat tarawih di masjid agar kita diampuni dosa-dosa yang telah lalu.

Dalam hadits rasulaullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رضي الله عنه – أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ: – مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا, غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ – مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa melaksanakan shalat malam di bulan Ramadhan (shalat tarawih) atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” Muttafaqun ‘alaih. (HR. Bukhari no. 2009 dan Muslim no. 759). 

2. Tilawah Al-Qur'an

Dalam hadits rasulaullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” ( HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469).

Di bulan-bulan selain ramadhan saja untuk orang yang membaca Al-Quran dengan lancar akan mendapatkan 10 kebaikan, apalagi kalau di bulan ramadhan ini bulan yang melipatgandakan pahala. maka dari itu jangan lewatkan tilawah Al-Quran ya.

3. Sahur

Maka dari itu usahakan untuk kita sahur sebelum menjalankan ibadah puasa ramadhan ini ya.

Dalam hadits Rasulaullah SAW bersabda:

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُّحُورِ بَرَكَةً

Dari Anas bin Maalik Radhiyallahu anhu beliau berkata: Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “Bersahurlah kalian karena dalam sahur ada keberkahan.” (H.R Bukhari No. 1789 dan Muslim No.1835).

Nah di dalam sahur inilah yang membedakan antara puasa kita orang muslim dengan orang ahli kitab.

Semoga bermanfaat.

Sendi Agustian

Berbagi kata-kata, cerita tentang pengalaman dan pemahaman. Juga sampingan dalam hal koding serta berbagi mengenai dunia Informasi Teknologi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama