Apa Itu Sistem Operasi - Perbedaan Dari OS Windows, Linux dan Mac OS

Apa Itu Sistem Operasi


Dikutip dari medium.com Sistem Operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras(Hardware) dan perangkat lunak(Software), serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer.

Jadi Sistem Operasi ini sangat lah penting tanpa adanya Sistem Operasi sebuah komputer tidak akan berguna, kenapa tidak berguna? Karena tidak ada yang dapat mengatur dan menjalankan komputer tersebut. seperti dirimu yang ada tapi tak bermakna baginya'(( wkwkk.

Setelah tau dari pengertian Sistem Operasi ada juga macam macamnya diantaranya sebagai berikut:

  1. Windows
    Mungkin anda tidak asing lagi dengan Windows ya karena kebanyakan laptop mengunakan OS ini. Windows adalah OS punyanya Microsoft dan OS ini tidak open source / tidak gratis alias berbayar, untuk setiap laptop yang mengunakan OS ini. Berbayar ? saya ini enggak berbayar kok? saya sering juga instal ulang pakai windows, lah iya bisa juga sih instal yang Windows bajakan tapi ya kalian tau konsekuensinya kalau mengunakan bajakan minimal komputer/laptop kalian akan rentan kena virus tuh.

  2. Linux
    Nah untuk Sistem Operasi Linux ini lain lagi, beda sekali dengan OS lainnya, OS Linux sifatnya Open Source / gratis untuk siapa saja yang ingin mengunakan linux, bahkan pengunanya pun di perbolehkan untuk mengembangkan kembali OSnya. untuk OS Linux ini ada banyak sekali jenisnya contoh seperti Linux Debian, Ubuntu, Mint dan lain-lain, untuk yang ingin tau ada berapa jenis OS linux bisa kunjungi web distrowatch.com. Linux ini sangat baik untuk di pakai developer menurut saya karena sangat memudahkan dalam konfigurasi apapun untuk tools tools yang di gunakan, serta banyaknya komunitas komunitas linux di dunia jadi mudah untuk menanyakan apapun dalam pengembangan.

  3. Mac OS
    Untuk OS yang satu ini lebih unik memang, OS buatan Apple ini juga ada beberapa jenis, seperti OS X, Mojave, Siera dan lain-lain. Keunikan OS ini menurut saya dia punya keunggulan seperti GUI dan unix nya pun dia punya. Tak seperti Windows yang hanya unggul di GUInya tapi tidak di unixnya atau Linux yang hanya unggul di Unixnya tidak di GUInya. di Mac OS ini dia punya keduanya. Selain itu juga OS ini dia punya keamanan yang sangat ketat tidak sembarang komputer dapat mengunakan OS ini selain dari produk Apple maka tidak dapat mengunakan OS ini.

Nah mungkin seperti itu kesimpulan yang saya dapat ambil dari pengalaman mengunakan ketiga OS tersebut dan sekarang saya pun masih mengunakan ketiga OS itu. Namun sesuai dengan kebutuhan dalam pengunaannya.

See you next post! ;)


Sendi Agustian

Berbagi kata-kata, cerita tentang pengalaman dan pemahaman. Juga sampingan dalam hal koding serta berbagi mengenai dunia Informasi Teknologi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama