20 Cara Menghilangkan Bosan Atau Gabut Dirumah - #DiRumahAja #StayAtHome

Ketika harus berdiam diri dirumah dalam waktu yang lama pasti akan menimbulkan rasa bosan dan jenuh tentunya. Apalagi di masa pandemi saat ini banyak aktifitas-aktifitas yang dibatasi bahkan beberapa ada yang dihentikan sementara waktu serta diusahakan untuk semua orang berdiam diri terlebih dahulu di rumahnya masing masing.

Karena masa pandemi atau masa-masa mewabahnya corona virus (covid-19) ini maka timbulah masalah-masalah, salah satu masalah yang mungkin muncul ketika masa pandemi ini adalah timbulnya rasa bosan ketika harus berdiam diri dirumah dan dilarang untuk keluar rumah. Nah hayoloo mu gimana bingungkan? :|

Nah, untuk melawan rasa jenuh dan bosan, ada baiknya kamu melakukan aktifitas-aktifitas yang produktif dan bermanfaat. Berikut penulis sajikan 20 Cara Menghilangkan Bosan Atau Gabut Dirumah - #DiRumahAja #StayAtHome.

20 Cara Menghilangkan Bosan Atau Gabut Dirumah - #DiRumahAja #StayAtHome

1. Quality time with family

Quality Time



Hal yang paling utama ketika berada dirumah saja dalam waktu lama adalah aktifitas bersama keluarga tercinta, berkumpul dengan keluarga tentunya bukan hanya sekedar kumpul lalu main asik sendiri dengan ponselnya atau apapun itu yang membuat asik sendiri.

Namun berkumpul dengan melakukan aktifitas bersama seperti makan cemilan bersama sambil berbincang bincang, menonton TV satu siaran yang sama tanpa berantem dengan merebutkan siaran lain tentunya dan menonton pun tak hanya berfokus pada siarannya tapi misal ada adegan yang sedih setelah itu langsung berbincang membicarakan makna dari adegannya.

Itu bisa menjadi salah satu contoh aktifitas yang bisa di lakukan bersama keluarga, intinya melakukan aktifitas apapun dengan bersama-sama serta bermakna untuk keluarga.

2. Membantu pekerjaan orang tua dirumah



Membantu perkerjaan orang tua adalah sebuah aktifitas yang sangat baik sekali selain mengurangi beban orang tua juga dapat sekaligus membahagiakan mereka juga loh.

Meskipun dengan hal-hal kecil yang di lakukan seperti menyapu, ngepel, menyuci dan lain-lain orang tua tidak akan menilai kecilnya perkerjaan yang dilakukan.

Namun Orang tua akan sangat bahagia dan bersyukur sekali anaknya dapat membantu orang tua apalagi kalau dengan kesadarannya sendiri.

3. Olahraga

Tentunya olahraga adalah aktifitas untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Jika sebelunya sangat sulit untuk meluangkan waktu untuk berolahraga secara rutin, maka sekarang ini lah saatnya untuk membiasakan diri agar terbiasa berolahraga dengan teratur.

Tak perlu dengan olahraga yang berat berat untuk merutinkan cukup olahraga ringan ringan saja ya.

4. Merapihkan Ruangan

Agar tidak terlalu jenuh dengan berdiam diri #DiRumahAja coba melakukan pendekatan dengan menata ulang tampilan ruangan rumah yang biasanya menjadi lebih menarik dan menyenangkan agar tidak terlalu membosankan.

5. Bermain Dengan Balita

Balita memang menjadi penghibur yang sangat lucu dan menggemaskan oleh karena itu di kala bosan dirumah tentunya bermain dengan balita ini merupakan salah sastu yang dapat di lakukan.

Ettss tapi jangan di mainin sampe nangis juga ya untuk kaka-kaka nya, karena balita bukanlah boneka ya kak :D

6. Ikut kajian, seminar, event, diskusi-diskusi secara online

Selain bermain sosial media hanya sekedar scroll scroll saja, lebih baik lagi jika kita tetap upgrade ilmu kita dengan cara seperti mengikuti kajian kajian online di youtube live, seminar online, event event yang diselenggarakan secara online atau diskusi dengan grup-grup organisasi juga disarankan.

7. Membaca Buku

Buku adalah sumbernya ilmu dan aktifitas yang sangat bermanfaat tentunya. Selain menambah ilmu membaca buku juga menjadi aktifitas yang dapat menghilangkan bosan.

8. Menulis

"Ilmu itu di ikat dengat tulisan" ya kata kata itu benar adanya, ketika bosan saat berdiam diri dirumah biasanya yang sering di lakukan adalah melamun dan biasanya ketika melamun kadang suka terpikirkan ide ide untuk membuat suatu karya atau apapun itu.

Nah dari pada hanya sekedar menjadi ide-ide yang terlewatkan begitu saja, alangkah baiknya ide ide itu dituliskan dan dicatat. Dengan begitu ide-ide yang telah terpikirkan bisa di wujudkan nantinya.

9. Menggambar 

Ketika dirumah kalian dapat mengisi waktu dengan menggambar. Menggambar tak hanya untuk orang orang yang bisa menggambar saja, untuk yang belum bisa menggambar dengan baik aktifitas ini juga dapat dilakukan, dengan mencoba dan terus belajar nanti akan bisa menjadi lebih baik tentunya.

Dan untuk menggambar ini akan lebih menarik lagi tak hanya menggambar secara tradisional tapi dengan menggambar secara digital akan lebih menarik sekali tentunya.

10. Main Game

Dengan bermain game tentunya sangat menyenangkan dan aktifitas ini adalah yang paling banyak di lakukan oleh semua kalangan.

Kalian dapat mencari game game yang sangat seru di gadget kalian, playstation dan lainnya serta game offline atau pun game online kalian dapat mencarinya dengan mudah sekarang.

Tapi ketika bermain game biasanya suka lupa dengan waktu, nah jangan sampai bermain game secara berlebihan juga ya apalagi sampai lupa makan dan minum.

11. Belajar Memasak

Dalam masa pandemi beberapa bulan kedepan ini pastinya kita akan berbelanja bahan masakan persediaan untuk makanan sehari hari.

Nah dengan begitu agar tidak bosan mencoba untuk belajar memasak tentunya akan lebih asik dan menarik atau yang sudah bisa memasak bisa mencoba menu menu atau resep resep baru yang belum pernah di coba.

12. Berkomunikasi Online

Selain yang harus tinggal dirumah saja mungkin ada juga yang harus terpaksa tinggal dikost atau kontrakan karena berada jauh dari daerah kampung halaman.

Bekomunikasi online dengan keluarga, kerabat, sobat atau pun teman adalah cara yang terbaik untuk menghilangkan bosan dan selain menghilangkan bosan juga setidaknya dapat meredam rindu yang tak kunjung padam.

13. Berkebun Atau Merawat Tanaman

Berkebun di lahan sekitar rumah dapat menjadi aktifitas yang sangat bermanfaat dan tentunya menghilangkan bosan.

Jika tak cukup lahan di sekitaran rumah, anda dapat memulainya dengan berkebun kecil kecilan.

14. Membuat Karya Kerajinan

Selain menghilangkan bosan, membuat kerajinan ini dapat meningkatkan kreatifitas diri anda.

Dengan memanfaatkan bahan bahan sisa yang sudah tak terpakai misalnya, itu juga dapat mengurangi sampah.

15. Bermain Dengan Hewan Peliharaan

Untuk orang orang yang memiliki binatang peliharaan kalian sangat beruntung sekali karena dikala bosan kalian dapat bermain main dengan binatang peliharaan itu.

16. Murajaah / Hafalan

Teruntuk umat muslim, kita sebagai seorang hamba mesti selalu meningkatkan ilmu agama Islam.

Ketika bosan dirumah alangkah baik dan manfaat sekali untuk melakukan muraja'ah mengulang-ngulang kembali hafalan ayat atau hadis yang telah kita hafal, ataupun dengan menghafal lagi ayat atau hadist yang belum kita hafal. Aktifitas ini salah satu yang dapat meningkatkan ilmu agama islam.

17. Financial Planning

Hal yang paling butuh untuk dilakukan adalah dengan mengatur keuangan mu ketika beberapa bulan ke depan di masa pandemi ini, apakah persediaan makanan cukup untuk satu bulan ke depan? Perlukah berbelanja untuk bulan ini? Berapa hitungan uang yang akan disiapkan untuk bulan ini?

Begitulah, ini sangat penting sekali sambil mengisi bosan sambil membuat coretan-coretan Financial Planning sepertinya baik untuk dilakukan.

18. Belajar Bahasa Asing

Belajar bahasa asing mungkin akan menjadi menarik dan bermanfaat untuk anda. Selain menghilangkan bosan juga menambah ilmu ya.

19. Membuat Portofolio



Untuk mencari pekerjaan biasanya memerlukan Portofolio sebagai salah satu penilaian nantinya, nah mungkin saat ini adalah saat yang tepat untuk membuat dan atau menambah menarik Portofolio mu.

20. Latihan Fotografi

Fotografi merupakan salah satu aktifitas yang bisa kalian lakukan juga di kala bosan, dengan mempotret objek-objek di sekitar misalnya lalu kalian edit menjadi lebih menarik sepertinya akan menghilangkan rasa bosan juga.

Mungkin itu 20 Cara Menghilangkan Bosan Atau Gabut Dirumah - #DiRumahAja #StayAtHome versi penulis. mungkin ada aktifitas yang lebih kalian sukai daripada yang dituliskan penulis di atas, coba kalian sebutkan aktifitas apa itu di kolom komentar ya.

See you next post! ;)


Sendi Agustian

Berbagi kata-kata, cerita tentang pengalaman dan pemahaman. Juga sampingan dalam hal koding serta berbagi mengenai dunia Informasi Teknologi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama