Sistem Perangkat Lunak

Bismillah, Assalamualaikum warahmatullah. Sebelumnya jika teman-teman pengen slide presentasi ini, nanti saya sematkan di akhir pembahasan ya.


Pada artikel kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang “Sistem Perangkat Lunak” nah apa saja yang akan dibahas pada materi ini?

Bahasan dari materi ini ada 4 bahasan yang akan saya presentasikan yaitu:

  1. Peranan penting perangkat lunak untuk sistem komputer
  2. Evolusi perangkat lunak
  3. Klasifikasi perangkat lunak
  4. perangkat lunak aplikasi

Nah seperti apa sih penjelasannya ? Mari kita lanjut.

Yang pertama Peranan penting perangkat lunak untuk sistem komputer, pada saat ini seharusnya kita sudah tidak asing lagi jika mendengar yang namanya “perangkat lunak” bagaimana tidak di dunia digital ini dalam keseharian kita pasti selalu bertemu dengan yang namanya perangkat lunak. Dalam dunia pekerjaan sudah menggunakan komputasi. Dunia bisnis, dunia maya sudah menjadi hal yang biasa dengan menggunakan sebuah perangkat lunak. Karena perangkat lunak ini sangat membantu dalam mempermudah segala pekerjaan kita sehingga hal tersebut menjadi suatu hal yang penting bagi kita.  

Nah apa sih pengertian dari perangkat lunak itu sendiri? Perangkat lunak atau software intinya adalah sebuah program intruksi intruksi yang dapat dimengerti oleh komputer sehingga menjalankan sebuah proses yang kita butuhkan dan menghasilkan output atau keluaran.   

Perangkat lunak ini sangat erat hubungannya dengan perangkat keras, dimana perangkat lunak dibutuhkan untuk menjalankan perangkat perangkat keras tersebut agar dapat berjalan dengan baik. Jika umpamanya perangkat lunak tidak ada dalam sebuah komputer maka komputer tidak bisa berjalan dengan baik tidak dapat menghasilkan apa yang kita butuhkan.

Perangkat lunak seperti misalnya Sistem Operasi komputer sudah melekat sekali dengan komputer sehingga kalau itu tidak ada maka komputer tidak akan berfungsi dengan baik. Begitu juga sebaliknya jika sebuah perangkat lunak saja tanpa adanya perangkat kerasnya atau komputer maka akan ditanamkan di mana perangkat lunak tersebut? Tentunya tidak akan berguna juga.

Selanjutnya Evolusi perangkat lunak, tentunya perangkat lunak ini sangat berkembang dari pertama kali muncul hingga saat ini sudah mengalami beberapa evolusi.   evolusi tahap pertama pada tahun 1950-1960, evolusi tahap kedua pada tahun 1960-1970, evolusi tahap ketiga pada tahun 1970-1990 dan evolusi terakhir pada 1990-2000 hingga saat ini pun masih berkembang.  

Nah gambar diatas adalah ciri dari setiap evolusinya.

Selanjutnya pembahasan yang ke 3 yaitu klasifikasi perangkat lunak, klasifikasi perangkat lunak ini dibagi menjadi tiga klasifikasi.

Klasifikasi pertama yaitu bahasa pemrograman, ada tiga level bahasa pemrograman diantaranya:

  1. Bahasa tingkat rendah (Low Level Language) 
  2. Bahasa tingkat tinggi (High Level Language)
  3. Bahasa generasi keempat (4GL)

Klasifikasi kedua yaitu Sistem Operasi beberapa fungsi dari sistem operasi diantaranya:

  1. Menyimpan program dan aksesnya.
  2. Membagi tugas didalam CPU.
  3. Mengalokasikan tugas-tugas penting.
  4. Merekam sumber-sumber data.
  5. Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data.
  6. Memeriksa kesalahan sistem.
  7. Multi tugas pada OS, Windows98, Windows XP, Windows 7.
  8. Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi(password) dan penggunaan ID. Contoh sistem operasi, misalnya: Disk Operating System(DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.

Spesifikasi yang ketiga Program Bantu atau Utility intinya utility adalah sebuah alat-alat bantu untuk sebuah perangkat lunak.

Pembahasan yang terakhir yaitu Aplikasi Perangkat Lunak,

Perangkat lunak juga dapat dikatakan sebagai bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini digunakan untuk menonjolkan perbedaannya dengan Hardware (perangkat keras) komputer.

Oke Sampai disini sudah selesai pembahasannya, terimakasih telah menyimak, mohon maaf jika banyak salahnya sekian wassalamualaikum warahmatullah…  

Untuk presentasinya silahkan download disini.

Atau simak juga presentasi videonya disini.

See You next post! ;)

Sendi Agustian

Berbagi kata-kata, cerita tentang pengalaman dan pemahaman. Juga sampingan dalam hal koding serta berbagi mengenai dunia Informasi Teknologi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama