Pilih Mana Masuk SMA atau SMK?

Pilih Mana Masuk SMA atau SMK?

Bismillah, dalam dunia pendidikan sudah menjadi peraturannya ketika kita lulus dari Pendidikan tingkat satu maka akan di lanjutkan ke tingkat berikutnya. Seperti ketika lulus dari TK/PAUD dilanjutkan ke tingkat SD/Sederajat, dari SD/Sederajat di lanjutkan ke SMP/Sederajat, dari SMP/Sederajat di lanjutkan ke SMA/SMK/Sederajat dan seterusnya.

Dalam artikel kali ini yang akan penulis bahas yaitu ketika lulus dari SMP/Sederajat di lanjutkan ke SMA/SMK/Sederajat. Kenapa? Karena ketika lulus dari SMPlah adalah saat dimana langkah awal kehidupan kita dimulai untuk mempersiapkan kehidupan sesungguhnya nanti.

Ketika kita baru lulus dari SMP mungkin kebanyakan akan merasa bingung. Ketika itulah pasti muncul di dalam pikiran kita seperti “Mau di lanjutkan kemana pendidikan saya ini?”, “mau jadi apa nanti?”, “lebih baik SMA atau SMK?” dan lain-lain.

Nah mungkin pertanyaan ini yang pasti muncul dalam benak kita, teruntuk yang masih bingung masalah mau di lanjutan ke SMA atau SMK saya akan sedikit sharing pengalaman saya waktu lalu baru lulus SMP dan saya bingung mau ke SMA atau ke SMK.

Jadi untuk kalian yang masih bingung untuk memutuskan masuk SMA atau kah SMK, saya ada sedikit pengalaman yang mungkin bisa membantu. Sebelumnya kalian harus tahu terlebih dahulu perbedaan pendidikan dari keduanya. Di SMA dalam pembelajarannya itu lebih mengutamakan pendidikan-pendidikan Akademik. Sedangkan di SMK dalam pembelajarannya lebih ke praktik-praktik keahlian yang di perdalam.

Dan sebelum kamu memutuskan untuk memilih SMA atau SMK jawablah dahulu ke lima pertanyaan ini:

  1. Apa tujuanmu setelah lulus nanti? Jawab ini dalam hatimu.
    jika kamu punya tujuan langsung bekerja setelah lulus SMP, maka sebaiknya kamu memilih SMK. Tapi jika kamu berminat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, sebaiknya kamu memilih SMA.

  2. Apa hal yang kamu sukai?
    Jika kamu menyukai hal yang berhubungan dengan praktik atau suka jurusan Teknik, sebaiknya kamu memilih SMK. Tetapi jika kamu adalah tipe orang yang lebih bermain logika, sebaiknya kamu memilih SMA.

  3. Apa pekerjaan yang kamu impikan?
    Jika pekerjaan yang kamu impikan mengharuskan memiliki gelar tertentu, sebaiknya kamu memilih SMA. Tetapi pekerjaan yang kamu pilih tidak menetapkan standar pendidikan tertentu, kamu bisa memilih SMK.

  4. Apakah kami punya cukup biaya?
    Jika keadaan keuanganmu kurang baik, dan mengharuskan kamu untuk segera mempunyai penghasilan, maka sebaiknya memilih SMK. Setelah itu jika memang ingin melanjutkan pendidikan, kamu bisa kuliah sambil bekerja.

    Jika keuangan keluargamu memang mencukupi, lanjutkan saja hingga perguruan tinggi. Bukankah mengejar ilmu tidak ada ruginya?

  5. Apakah potensi di sekitarmu?
    Amati daerah sekitarmu. Perhatikan apakah ada potensi usaha untuk peluang kerja yang cocok buat kamu. Bila di daerahmu banyak usaha, yang membutuhkan keterampilan tertentu, sebaiknya kamu memilih SMK. Tapi apabila peluang kerja di sana lebih kea rah logika, sebaiknya kamu memilih SMA.

Nah mungkin hal-hal di atas patut di pertimbangkan dahulu untuk kamu melanjutkan pendidikanmu. Jadi jangan sampai salah pilih ya. Dan jangan lupa juga mintakan petunjuk kepada yang maha kuasa dan selalu berdo’a minta yang terbaik untuk mu kepada Allah Aza Wajala.

Terimakasih semoga membantu😊


Sendi Agustian

Berbagi kata-kata, cerita tentang pengalaman dan pemahaman. Juga sampingan dalam hal koding serta berbagi mengenai dunia Informasi Teknologi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama